Jumat, 04 April 2014

Menikmati indahnya DIENG PLATEAU (part2-habis)

......

DIENG VIA YOGYAKARTA

Perjalanan gw mulai dari Jakarta naik kereta Progo (AC ekonomi). Dari stasiun Senen sekitar jam 9 malam, sampe stasiun Lempuyangan Yogya sekitar 06.00 pagi. Keluar dari Lempuyangan gw langsung celingak celinguk gak ada angkot sama sekali mennn..!!!

BUS KE MAGELANG

jalan ke arah kiri gak ada angkot, balik lagi ke kanan gada angkot juga. Mau naik taksi tapi pada gak mau pake argo. Akhirnya setelah 2 kali bolak balik lewatin depannya stasiun ada Mamang taksi yang nawarin pake argo tapi dengan syarat harus bayar dia parkir di stasiun sebesar 5 ribu perak. Okelah kalo begetoh..!! Singkat cerita 30 menit kemudian sampelah gw di terminal Giwangan Yogyakarta. Cari bis besar tujuan Semarang, kenapa Semarang? karena bis itu ngelewatin Magelang. Cuma ngeluarin ongkos sebesar 10 ribu bis gede itu ngebawa gw menuju magelang.

turun di terminal utama magelang gw lanjut naik bis 3/4 tujuan wonosobo. Langsung bilang aja sama kernetnya minta diturunin di tempat bis dieng ngetem :). Tapi pengalaman gw kemaren bisnya ternyata cuma sampe terminal wonosobo aja.
ini salah satu PO bis ke wonosobo

TERMINAL WONOSOBO
Dari terminal lanjut naik angkot kuning langsung bilang ke abangnya turunin di pangkalan bus dieng ngetem. Klo gak mau LAMA NUNGGU ngetem jalan dikit di depan bis pada ngetem,langsung setop bis 3/4 jurusan dieng. Pas bayar ongkos sebesar 10 ribu lo bilang aja turun di pertigaan dieng. Patokannya setelah lo nikmatin ajibnya pemandangan dan jalan Dieng yang amazing banget indahnya, ada jalan yang menurun terus ketemu pertigaan kecil yang sebelah kirinya ada pangkalan ojek wisata dieng/ Lo turun aja disitu, banyak banget penginapan di sekitar pertigaan Dieng.
angkot kuning dan bis 3/4 ke dieng

PENGINAPAN di Dieng

Jauh-jauh hari gw udah riset sana sini, dan akhirnya pilihan jatoh KEPADA....Jeng jeng jeng...PENGINAPAN ARJUNA. Kenapa gw pilih arjuna sebagai tambatan hati gw, lho?? Pertama adalah ADA AIR PANAS BROOOH...!!! Mandi air panas wajib banget buat di dieng. Yaaa klo lo gak mandi, seenggaknya itu lo nggak beku klo abis cebok...
Yang kedua itu ya bro, ada LCD tv + tv cable, jadi gw gak mati gaya juga sewaktu kedinginan malem-malem yang menusuk.
Yang terakhir, gw pilih karena kelihatannya nyaman. Dan emang benerrrr nyaman broooh, springbed empuk,kamar luas, lcd +tv cable, air panas, plus penjaga yang helpfull buat jadi guide pas sunrise ke sikunir plus bersedia sewain motornya sendiri, BEUUUH,PERFECTOO!! Gak salah banget gw pilih ini penginepan *BUKAN IKLAN

Penampakan ARJUNA homestay

SEWA MOTOR di DIENG

Sewa motor di Dieng gampang-gampang susah alaihim gambreng brooh.  Tanya-tanya tukang ojek,diketok mahal. Akhirnya gw tanya sama penjaga penginapan Arjuna tentang sewa motor buat ke BUkit Sikunir dan pucuk di cinta ulam pun tiba. Si bapak merekomendasikan temannya buat jadi guide kita plus menyewakan motornya seharian full. Setelah tawar menawar yang alot,AKHIRNYA disepakati jasa guide+sewa motor seharian sebesar 200 ribu. *Tadinya si bapak keukeuh minta 250 ribu dengan rincian 100 ribu guide en 150rb buat sewa motornya sehari. Tapi dengan muka memelas dan minta dikasihani akhirnya si bapak luluh juga, hahahaha *Tertawa Kemenangan

Memandang lautan awan di BUKIT SIKUNIR

Jam 4 pagi gw udah dibangunin sepupu gw buat siap-siap manjat eh mendaki Sikunir. Dan 10 menit kemudia si Bapak udah ngetok-ngetok kamar kita. Siap berangkatttt...
MOtor Yamaha Jupiter lawas pun gw jabanin demi SIKUNIR. Jadi kita berangkat dengan 2 motor. Sang guide di depan dengan motornya. Sedangkan gw bawa motor sendiri bonceng sepupu gw. Baru beberapa meter jalan, etttt daaaaaah hawanya menusuk banget. Sampe-sampe kaki gw sama tangan gw yang udah dibalut kaos kaki sama sarung tangan juga gak ngaruh. Sampe beku sooooobbb. Rasanya kaki tangan gw udah nggak ada lagi, hahaha...

Kalo lo mau sendiri ke bukit Sikunir dari pertigaan Dieng lo belok kiri, ngelewatin penginapan Arjuna, Lewatin Telaga Warna, lurus terus aja ikutin jalan sampe ketemu desa sembungan yang juga desa tertinggi di pulau jawa. Dari desa itu sekitar 10 menitan lagi.

Ke Dieng nggak afdol kalo nggak ke Bukit Sikunir. Lo gak bakal nyesel deh kalo kesana. Perjalanan ke Sikunir lo bakal lewatin jalan yang antah berantah dimana, pokoknya kanan kiri gelap gak ada lampu sama sekali. Lo cuma harus fokus liat jalanan karena agak rusak. Dan ketika lo liat ke atas sobbbbb, Masya Allah indahnya...Bintang-bintang terindah yang pernah gw liat seumur hidup gw. SUMPAH! BENERAN! GAK BOONG!!!! lO MESTI LIAT SENDIRI BROOOH...

Mendaki sikunir lumayan berat buat gw yang jarang olahraga :p
Selang seling istirahat, sekitar 30 menit gw nyampe puncak sikunir daaaaaaaan tepat matahari mulai menyembul dari balik gunung tepat di depan gw!! INDAH BANGETTTTTTT

DIENG, salah satu tempat di Indonesia yang WAJIB lo kunjungi...

Jalan-Jalan Ala Ransel dengan budget minim, it's a pride!!!